INFO KILAT
  • 1 bulan yang lalu / SMP Negeri 2 Kledung berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan maksimal.
  • 3 tahun yang lalu / SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP N 2 KLEDUNG KAB. TEMANGGUNG

P5: Sekolah Ajak Anak Olah Limbah Sampah

Terbit 15 September 2022 | Oleh : SMP Negeri 2 Kledung | Kategori : Kegiatan Siswa
P5
Kepala SMP Negeri 2 Kledung, Moh. Hidayat (yang memegang telepon genggam) saat mengunjungi stan pameran Gelar Karya P5, Kamis (15/9/2022).

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu komponen penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. SMP Negeri 2 Kledung yang mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023 juga melaksanakan P5. Tema pertama yang diambil adalah Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik “Sekolahku Bebas Sampah”. Peserta dari P5 ini adalah seluruh kelas 7 sejumlah 160 anak. Puncak Gelar Karya ini dilaksanakan pada Kamis, 15 September 2022.

P5 tema pertama ini dilaksanakan pada 29 Agustus—17 September 2022. Kegiatan tersebut terbagi dari empat tahap yakni Tahap Pengenalan, Tahap Kontekstualisasi, Tahap Aksi, dan Tahap Refleksi & Tindak Lanjut. Gelar Karya ini merupakan salah satu kegiatan dalam tahap aksi. Peserta didik sebelumnya telah mengikuti tahap pengenalan berupa kegiatan pengenalan isu sampah dan cara penanganannya. Selanjutnya, dalam tahap kontekstualisasi, peserta didik merencanakan hal-hal terkait dengan cara penanganan sampah, cara mengampanyekan pengelolaan sampah, cara pembuatan poster, dan lainnya.

Peserta didik mencampur sampah organik dengan cairan EM4.

Dalam kegiatan tersebut, karya peserta yang dipamerkan adalah poster dan karya sampah anorganik. Untuk pupuk kompos belum bisa dilakukan penindakan lanjut dikarenakan masih dalam tahap fermentasi.

p5
Displai karya sampah anorganik dan poster

Teknis pameran ini adalah peserta didik melakukan kunjungan ke stan pameran kelas lain untuk mengapresiasi karya kelas lain. Mereka juga menuliskan kesan setelah mengunjungi stan tersebut. “Karya punya Afinsa lumayan bagus,” ucap Hirza di tengah-tengah kunjungannya ke stan kelas sebelahnya.

Peserta didik mengunjungi stan kelas lain.

Kepala SMP Negeri 2 Kledung, Moh. Hidayat mengungkapkan bahwa ia bersyukur satu tema telah terlaksanakan dengan baik. “Kendala dan kekurangan yang ada itu lumrah. Kita jadikan evaluasi dan semoga di masa mendatang bisa lebih baik,” terang Hidayat.

Pengemasan Pupuk Kompos

Peserta didik menyaring fermentasi sampah organik.

Seminggu setelah Gelar Karya, Kamis, 22 September 2022, peserta didik diajak untuk mengemas pupuk kompos. Sebelum melakukan pengemasan, mereka diajarkan untuk mengidentifikasi sampah organik mana yang telah berhasil difermentasi. Hal tersebut bisa ditandai dengan munculnya tanaman atau jamur di tong fermentasi sampah organik tersebut.

Pupuk kompos dalam kemasan

Selanjutnya, peserta didik menyaring pupuk kompos yang sudah jadi tersebut agar didapatkan butiran yang lebih halus untuk dikemas. Produk pupuk tersebut dikemas dalam platik kemasan berukuran 1 kilogram. “Saya senang karena sudah belajar cara membuat pupuk kompos dan bisa berhasil membuatnya,” ungkap Gresta, salah satu peserta didik kelas 7C. [dd]

SebelumnyaHarmony in Deversity SesudahnyaSMPN 2 Kledung Gelar Rapat Pleno Bersama Komite Sekolah dan Wali Murid

Berita Lainnya

0 Komentar